Laman

Minggu, 11 Februari 2018

Penulis Males Gerak?




Alhamdulillah Workshop Blogger Anti Mager berhasil diselenggarakan oleh Forum Lingkar Pena (FLP) Jakarta di kantor Proxis IT Learning Center, Kuningan, Jakarta pada tanggal 28 Januari 2018.

Sebagaimana diketahui FLP merupakan komunitas menulis dan komunitas penulis. Aneh bila komunitas menulis dan wadahnya penulis, tapi tidak berkarya. Walau beberapa personel tetap aktif berkarya, namun ada saja yang berjalan tertatih-tatih. Untuk kepentingan inilah, FLP Jakarta menyelenggarakan Workshop Blogger Anti Mager. Bagaimana agar blogger dari FLP Jakarta tidak mager alias males gerak; dalam hal ini males menulis.

Mas Jun Joe Winanto seorang professional blogger sebagai pemateri tunggal memulai pembahasan dari hal yang mendasar tentang struktur sebuah blog, sejarah blog.  Makin siang pembahasan semakin menukik, mengapa kita harus nge-blog, bagaimana agar menjadi blogger yang lebih produktif serta apa keuntungan dari nge-blog?

Blog bukan merupakan hal yang baru bagi anak-anak FLP pada umumnya, FLP Jakarta khususnya. Mulai dari blogspot sampai multiply mereka telah kenal sejak dulu. Di sinilah, semua ide, kreasi dituangkan, khususnya yang dalam bentuk tulisan.

Tapi tetap, workshop blogger seperti yang baru saja dilakukan ini dirasa perlu. Bagaimana agar blog milik pribadi bisa menghasilkan. Mas Jun mencontohkan blog milik pribadinya bisa menghasilkan. Tulisannya tentang kain, menarik perhatian orang luar. Blognya tentang masakan dan peralatannya memang dirancang untuk menarik perhatian para produsen alat-alat masak.

Tanya jawab tidak bisa dibendung. Diantara pertanyaannya lebih baik mana, menulis note/catatan di Facebook atau di blog. Mas Jun menjelaskan bahwa lebih baik menulis di blog dan share di Facebook dan twitter. Mulai sekarang pindahkan tulisan-tulisan ke blog dan mulai membuat tulisan baru di blog.  

Salah satu blog saya adalah tentang resensi. Sehingga timbul pertanyaan, bagaimana agar blog resensi dapat berkembang?  Jawabannya tetap sama, share di sebanyak-banyaknya tempat media sosial termasuk di Google plus dan disertakan mention ke penerbitnya.

Alhamdulillah acara berlangsung dengan semarak. Selain banyak camilan dan adanya makan siang, pemberian hadiah kepada peserta termasuk hal yang menarik.

Terima kasih kami ucapkan kepada sponsor. Mulai dari  @proxsisconsulting @forbento@zadafood_official @letsgo.chicken@sheba_id @supertwinshop

Acara Workshop Blogger ini rencanaya akan dilaksanakan tiap bulan selama tahun 2018.  Jadi bagi mereka yang tidak hadir di bulan Januari, hadirlah di bulan Februari ini. Insya Allah Workshop Blogger bulan Februari akan hadir di tanggal 25 Februari 2018. Bagi sponsor yang belum bisa berpartisipasi di acara bulan Januari, silahkan berpartisipasi untuk acara di bulan Februari.




2 komentar:

  1. Alahmdulillah, semoga makin semangat dan tetap produktif dlm menulis.

    BalasHapus
  2. Yuk blogger FLP Jakarta maju terus pantang mundur

    BalasHapus