Laman

Rabu, 04 Juni 2014

Sparring Patner



Menghafal Al-Quran akan terasa lengkap bila ada ‘sparring partner’. 

Sebagaimana berlatih tinju, seorang petinju membutuhkan lawan berlatih. Berlatih bersama sparring partner berbeda dengan berlatih sendiri. Seorang petinju yang berlatih sendiri merasa dirinya telah sempurna. Dia merasa gerakannya sudah gesit. Dia yakin pukulannya sudah mantap dan dapat merobohkan lawannya dalam waktu singkat. 

Tapi begitu ditemani oleh lawan berlatih. Persepsinya mungkin berubah. Ternyata ada petinju lain yang kegesitannya melebihi dirinya. Pukulan yang menurut perhitungannya dapat merobohkan lawan seketika ternyata tidak berpengaruh apa-apa. 

Demikian pula dalam menghafal Al-Quran serta mengulangnya. Ketika seseorang mulai menghafal Al-Quran, dia perlu mengulang-ulang hafalannya. Apakah sedikit, apalagi kalau banyak hafalannya. Mengulang-ulang hafalan atau yang biasa disebut dengan istilah muraja’ah dapat dilakukan secara pribadi. 

Sebagaimana berlatih tinju, mengulang-ulang hafalan seorang diri berbeda bila disertai dengan seorang teman yang menyimak hafalan. Mengulang hafalan seorang diri akan menyebabkan diri merasa yakin bahwa hafalan yang diulang-ulangnya telah benar. Tidak ada satu pun kata, bahkan huruf yang terlewat. 

Tapi kenyataannya, karena mengulang-ulang hafalan tanpa disertai dengan mushaf Al-Quran dan hanya mengandalkan ingatan, sudah tentu ada saja yang keliru. Satu huruf lah yang tidak terucap. Atau ada satu kata yang terlewatkan. Bahkan ada saja kasus, seorang penghafal yang lupa mengucapkan satu ayat. Satu ayat ini lupa diucapkan seolah telah hilang dari ingatan. 

Untuk itulah, seorang yang mengulang-ulang hafalan perlu ditemani oleh seorang teman. Bila mengulang hafalan disertai oleh seorang teman yang menyimak hafalan, pada saat itulah akan terlihat apakah benar-benar hafal atau 90% hafal. Seseorang akan menyadari bahwa anggapan bahwa dirinya telah hafal sebuah surat ternyata keliru. Sebab ada saja yang tertinggal tidak diucapkan. 

Oleh karena itulah, carilah teman sparring partner dalam menghafal dan mengulang-ulang hafalan Al-Quran. 

sumber image:www.eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar